readbud - get paid to read and rate articles ads ads ads

Sabtu, 09 Oktober 2010

Pertolongan saat terkena air

Potensi kembali normal 80%

Telepon genggam menjadi salah satu barang yang wajib dibawa bagi sebagian orang.
Ponsel rusak karena air atau dikenal water damage, dibagi menjadi tiga penyebab. Yakni, air tawar, alkohol(parfum atau sesuatu yang mengandung alkohol), dan air laut. Tiga kategori bahan cair tersebut memiliki dampak berbeda dan penanganan yang berbeda pula.

"yang berdampak paling parah adalah terkena air laut, karena komponen di dalam ponsel akan korosi(berkarat). Sebat kandungan air laut sangat rentan terhadap bahan tembaga", ulas Cin Sugirman, pemilik Mang's repair Station Pasa Marina. Setelah air Laut, alkohol menempati urutan kedua, kemudian air tawar.

Namun, semua ini juga bergantung pada luas area yang terkena air. Sebagai contoh, jika ponsel terkena air tumpahan masih lebih baik daripada terendam. Namun, secara garis besar, pertolongan pertama pada ponsel todak jauh berbeda.

Setelah pertolongan pertama, ponsel tetap harus dibawa ke bengkel untuk memastikan kondisinya. Bila terkena air tawar, kemungkingan ponsel kembali normal adalah 70% - 80%, namun jika terkena air laut, kemungkinan ponsel hidup kembali hanya 10%. Karena itu, jika terkena air laut sebaiknya anda bergegas untuk membawa ponsel anda ke bengkel.

Untuk petolongan pertama, pemilik harus segera melepas baterai. Angin - angin kan dan bersih kan air pada bagian body dengan lap atau tisu. Jangan memasang baterai meskipun sidah dirasa bersih dari air. Pasalnya, belum tentu komponen di dalam ponsel sudah kering. Kalau dipasang dalam keadaan komponen masih basih, akan berakibat makin parah. Contonya korsleting.

Setelah baterai dilepas dan sisa air dibersihkan, ponsel tersebut harus dikeringkan dengan cara khusus. Yakni, ponsel diletakkan pada wadah/ tempat kedap udara. Di wadah tersebut juga dimasukkan silica Gel yang berfungsi menyerap kelembapan. Cara ini sangat membantu untuk menyerap sisa air di dalam komponen yang sulit dijangkau tangan.

Waktu untuk menyimpan ponsel di dalam wadah tersebut sekitar tiga hari, jadi saimpai kering benar. Butiran silica Gel bisa diperoleh di toko yang menjual bahan kimia. Adapun cara lain menjemur atau mengeringkan bagian - bagian ponsel dengan hair dryer. Tapi justru jangan sekali - kali dimasukkan ke lemari es, ini akan menyebabkan lebih lembab.

Bila langkah pertama benar, kerusakan pada ponsel bisa diminimalkan sehinggan kemungkinan bisa digunakan kembali besar. Penanganan yang salah bisa menambah tingkat kerusakan, salah satunya adalah motherboard.

Penanganan segera bisa mencegah kerusakan sisem power. Tapi jika semua faktor bisa diatasi, ponsel bisa kembali digunakan.
Selamat Mencoba! 



Thanks: Cin Sugirman 
             EB Post Java

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Lainnya

Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

MobileShake Copyright © 2010 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal